Selasa, 05 Januari 2010

proposal tugas akhir

Proposal Tugas Akhir
Diajukan sebagai salah satu syarat
Untuk memperoleh gelar ahli madya
Jurusan teknik mesin

Disusun Oleh:
AGUS MUNAJAT
     NIM :  9007051

FAKULTAS ILMU TEKNIK DAN KOMPUTER ( FITK)
UNIVERSITAS SAINS AL QUR'AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH DIWONOSOBO
2010
DAFTAR ISI PROPOSAL

HALAMAN JUDUL                                  i
DAFTAR ISI PROPOSAL                              ii


I    JUDUL                                  1
II           LATAR BELAKANG MASALAH                      1
III        PENEGASAN ISTILAH                          2
IV        RUMUSAN PERMASALAHAN                      2
V    TUJUAN PENELITIAN                          3
VI    LANDASAN TEORI                              3
VII    METODE PENELITIAN                          4
VIII    SISTEMATIKA PENULISAN TUGAS AKHIR              4


DAFTAR PUSTAKA                              10
DAFTAR RIWAYAT HIDUP                          12
RANCANGAN DAFTAR ISI TUGAS AKHIR                  13


I.  JUDUL
SISTEM KERJA INJEKSI MOBIL DIESEL MITSUBISHI KUDA 2000 ( Laporan Studi Kasus di PT Surya Sindoro Sumbing Wood Industri ).

II.  LATAR BELAKANG MASALAH
Dengan perkembangan industri yang semakin  pesat sekarang ini banyak dibutuhkan  mesin yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Injeksi lahir, sesuai dengan tutuntan zaman. Untuk menjaga lingkungan makin bersih dan konsumsi bahan bakar juga bisa makin irit. Kerjanya tidak lagi secara mekanis, tetapi elektromekanis. Sistem injeksi dilengkapi dengan komputer yang merupakan 'otak' untuk mengatur kerjanya. Pada motor diesel untuk menyalurkan bahan bakar ke pengabut atau nosel dipakailah bahan bakar dengan tekanan yang tinggi. Jenis pompa tersebut yang paling popular adalah Pompa Bosch. Fungsi pompa bahan bakar ini adalah memasukan bahan bakar solar ke dalam ruang bakar pada saat yang telah ditetapkan dalam jumlah yang sesuai dengan daya yang harus dihasilkan.
        PT.Surya Sindoro Sumbing Wood Industri adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan kayu yang berlokasi di desa Sedayu kecamatan Sapuran kabupaten Wonosobo,Jawa Tengah beralamat di Jalan Raya Purworejo Km 13 Sapuran Wonosobo 56373. Beberapa produk kayu olahan yang dihasilkan oleh  PT.Surya Sindoro Sumbing Wood Industri  yaitu jenis laminated board t adalah able top, barecore, beam, drawer side dan Do It by Yourselft (DIY) atau bahan handycraft dan bentuk furniture antara lain solid door, case front, door panel dan flooring. Sasaran daerah pemasaran pada dasarnya tidak dibatasi oleh faktor geografis tertentu, namun pembeli yang sesuai dengan target perusahaan selama ini semuanya ke luar negeri seperti Jepang, Amerika dan negara-negara di Eropa.
            Mitsubishi Kuda adalah kendaraan bermesin diesel jenis Van/kendaraan bertutup yang digunakan sebagai operasional pabrik.Adapun mereknya Mitsubishi kuda 2000 biasanya digunakan untuk mengangkut barang dan orang,terutama kegiatan pemasaran keluar kota,seperti magelang,semarang,Jogjakarta dan Jakarta. Adapun alasan mobil Mitsubishi Kuda 2000 dipergunakan sebagai operasional di PT.SSWI karena :
1.    Hemat dan murah dalam pemakaian bahan bakar .
2.    Tingkat polusi yang diakibatkan oleh gas buang terhadap udara lebih rendah .
3.    Bahan bakar diesel mengandung lebih banyak energi panas dan menghasilkan tenaga lebih besar .
4.     Untuk menghasilkan daya yang besar, dimensi lebih kecil jika dibandingkan dengan karburator engine .
5.     Kemampuan tinggi untuk bertahan tetap hidup , waktu beroperasi pada putaran rendah dengan beban berat .
Dengan berbagai hal di atas, maka penulis terdorong unuk mengangkat permasalahan dengan judul: SISTEM KERJA INJEKSI MOBIL DIESEL MITSUBISHI KUDA 2000 (Laporan Studi Kasusdi Pt Surya Sindoro Sumbing Wood Industri )

III.    PENEGASAN ISTILAH
A.    Sistem kerja injeksi
Adalah adalah suatu sistem pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar di dalam silinder dimana terjadi pengabutan sejumlah bahan bakar yang disemprotkan menentang udara bersuhu tinggi,dimana pengabutan bahan bakar dilakukan oleh alat pengabut ( injector ) yang ditempatkan  mrnghadap ke dalam ruang bakar silinder.

B.    Mobil diesel mitsubishi kuda 2000
Mobil diesel Mitsubishi Kuda 2000 adalah kendaraan jenis Van/kendaraan bertutup Yang diprodulsi oleh Mitsubishi Corporation Ltd, Japan dan dipasarkan di Indonesia sebagai kendaraan pengangkut barang dan orang.Mobil jenis ini ada yang dirancang khusus ada pula yang dimodifikasi dari mobil sedan. Mitsubishi Kuda terbagi dalam dua tipe mesin yaitu bensin dan diesel.

C.    PT. Surya Sindoro Sumbing Wood Industri
    PT. Surya Sindoro Sumbing Wood Industri Adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan kayu yang berlokasi di desa Sedayu kecamatan Sapuran kabupaten Wonosobo,Jawa Tengah beralamat di Jalan Raya Purworejo Km 13 Sapuran Wonosobo 56373.

IV.    RUMUSAN PERMASALAHAN
Berdasarkan latar belakang maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang akan penulis angkat dalam penulisan tugas akhir ini dengan judul: SISTEM KERJA INJEKSI MOBIL DIESEL MITSUBISHI KUDA 2000 (Laporan Studi Kasus di PT Surya Sindoro Sumbing Wood Industri )
1.    bagaimana sistem kerja injeksi mobil diesel mitsubishi kuda 2000
2.    Bagaimana menganalisa trouble soting pada mobil diesel mitsubishi kuda 2000

V.    TUJUAN PENELITIAN
Dengan menyimak pokok permasalahan yang dikemukakan di atas,tujuan yang hendak dicapai penulisan tugas akhir ini ini adalah :
1.    Untuk mengetahui sistem injeksi pada mobil Mitsubishi kuda 2000
2.     Untuk mengetahui trouble shoting pada mobil diesel mitsubishi kuda 2000

VI.    LANDASAN TEOR1
A.    SISTEM INJEKSI
        Sistem injeksi adalah suatu sistem pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar di dalam silinder dimana terjadi pengabutan sejumlah bahan bakar yang disemprotkan menentang udara bersuhu tinggi,dimana pengabutan bahan bakar dilakukan oleh alat pengabut ( injector ) yang ditempatkan  menghadap ke dalam ruang bakar silinder.
Untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna di dalam ruang bakar silinder diperlukan dua hal yaitu tekanan injeksi bahan bakar dari mulut pengabut dan tekanan kimpresi udara didalam ruang bakar silinder yang cukup tinggi menurut batas tekanan tertentu yang sesuai dengan spesifikasi pabrik pembuatannya motor tersebut.Biasanya tekanan injeksi sekitar 180 – 350 barometer dan tekanan kompresi antara 30 – 55 barometer. ( Ref 1 hal 50 )
        Sistem injeksi mesin diesel dilengkapi pompa injeksi model bosch yang sanggup memberikan sejumlah bahan bakar yang tepat untuk segala kondisi kerja mesin.Tujuan injeksi adalah meninjeksi bahan bakar yang bersih ke dalam ruang bakar dalam jumlah dan waktu tertentu. ( Ref  2 hal 62 – 63 )

B.    MOBIL DIESEL
    Motor diesel adalah suatu motor bakar yang pada langkah pertama menghisap udara murni dari saringan udara ,sedang pemasukan bahan bakar dilakukan pada akhir langkah kompresi yang mempunyai tekanan tinggi dan menghasilkan suhu yang mampu menyalakan bahan bakar .Proses penyalaannya bukan dengan loncatan busi (dengan arus listrik ) tetapi langkah isap hanya udara segar saja yang masuk ke dalam silinder.Pada waktu torak hampir mencapai TMA (titik mati atas ) bahan bakar disemprotkan melalui nosel injeksi atau pengabut ke dalam ruang bakar silinder.Karena tekanan yang sangat tinggi pada ruang bakar maka terjadilah penyalaan untuk pembakaran ,dengan sendirinya suhunya pun menjadi tinggi karena tekanan kompresi tersebut. . ( Ref 1 hal 22 )

C.    PERBANDINGAN DIESEL DAN BENSIN
        Pada motor diesel komponennya berbeda dengan motor bensin,dimana sistem pembakaran bahan bakar solarnya tidak memerlukan aliran listrik,tetapi baterai dipakai juga dalam mesin diesel yang berguna untuk menjalankan motor stater pada awal menjalankan putaran mesin .Pada motor diesel tidak digunakan arus listrik sebagai komponen utama ,baterai atau aki yang terdapat pada motor diesel hanya berfungsi untuk menggerakan motor stater saja. Perbedaan pokok antara mesin diesel dan motor bensin adalah dalam penggunaan bahan bakar dan cara pemberian bahan bakar serta cara pembakarannya Pada motor bensin campuran udara dan bensin dimasukkan ke dalam silinder dan dibakar  dengan bantuan percikan bunga api dari busi.Pada motor diesel yang dihisap hanya udara saja dan dikompresikan sampai tekanan dan teemperatur naik.bahan bakar diinjeksikan atau dikabutkan ke dalam silinder mendekati akhir langkah kompresi melalui pengabut ( nosel ) dari pompa injjeksi dan bahan bakar terbakar dengan sendirinya maka perbandingan kompresi harus berada antara 15 – 22 dan tekanan kompresi antara 26 – 40 kg / cm .
    Perbedaan motor diesel dengan motor bensin adalah sebagai berikut:
a)    Bahan bakar yang dipakai adalah solar yang harganya lebih murah dibanding dengan harga bensin.
b)    Pada mesin diesel tidak menggunakan busi sebagai alat penyala bahan bakar bensin tetapi menggunakan pengabut/injector yang berfungsi untuk menyemprotkan minyak solar ke ruang bakar,dimana penyalaan bahan bakar solar disebabkan oleh udara yang bertekanan tinggi pada ruang bakar dan sebagai alat pembantu untuk memudahkan pemanasan di ruang bakar dipasang busi pijar atau glow plug.
c)    Adanya pompa bahan bakar khusus dari Pompa Bosch dengan regulator atau pengatur putaran mesin dan pengatur banyaknya bahan bakar yang dipompa sehubungan kecepatan yang dikehendaki.
d)    Suara yang dihasilkan lebih besar dan suaranya sekali besar-sekali kecil (dari suara dapat dibedakan antara mesin diesel atau bensin).
e)    Pemeliharaan lebih rumit dan lebih sering dilakukan.
f)    Lebih cocok untuk pengoperasian mesin yang lebih lama,kalau pada mesin-mesin bensin biasa hidup dan dimatikan dalam hitungan menit tetapi mesin diesel tidak cocok untuk penggunaan mesin yang sebentar hidup-sebentar dimatikan.
g)    Secara  visual untuk membedakan antara motor bensin dengan motor diesel adalah:
1)    Pada motor bensin terlihat letak busi,distributor dan karburator.
2)    Pada mesin diesel terlihat letak pengabut/nosel injector,pompa Bosch,pompa injeksi (tidak ada karburator’tidak ada busi’dan tidak ada distributor).

D.    TROUBEL SHOTTING
Permasalahan yang sering terjadi pada mobil diesel mitsubishi kuda 2000 adalah putaran mesin tidak bertambah dengan halus sesuai injakan pedal gas,kemunginan penyebabnya yaitu:
a)    Pompa injector atau nosel tidak bekerja dengan baik
b)    Waktu injeksi BBM tidak tepat.
c)    Kebocoran gas dari ruang bakar.
 Maka pemeriksaan dan perbaikanya adalah:
a)    Bila penyemprotan tidak bekerja dengan baik,maka perkabutan dan pembakaran yang terjadi tidak sempurna.periksalah pipa penghubung antara pompa injector dan nosel,barangkali ada kebocoran,kencangkan bila ada baut yang longgar.periksa juga sambungan sambungan antara governor dan pompa.nyalakan mesin, kendorkan mur pengencang pipa bahan bakan bakar pada salah satu nosel.biarkan BBM menetes dari mur.Bila putaran mesin terganggu atau bergeter lebih keras,berarti nosel berfungsi.Sebaliknya,bila putaran masin tidak berubah,nosel tidak berfungsi.Periksa setiap nosel,jika ada yang rusak bawa ke bengkel.
b)    Cam atau rolerr-nya aus,sehingga penyemprotan tidak tepat,ganti dengan yang baru.
c)    Kebocoran bisa keluar dari katup-katupnya isap atau buang,pegas katup,cincin torak atau paking silinder.Biasanya ditandai dengan gas buang berwarna putih yang berarti ada sebagian oli masuk ruang bakar dan ikut terbakar,atau oli terlalu cepat berkurang.Dalam hal ini perbaikan besar perlu dilakukan di bengkel.     
VII.    METODE PENELITIAN
Dalam penulisan tugas akhir ini Penulis menggunakan metode sebagai berikut:
1.    Jenis Penelitian
Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data melalui penelitian perpustakaan atau library research.
2.    Metode Analisis Data
Yaitu metode dengan mencari data-data yang ada di perpustakaan untuk melengkapi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode-metode antara lain:

a.    Metode Deduktif
Berfikir deduktif adalah proses pendidikan yang berangkat dari kebenaran umum mengenai suatu fenomena atau teori yang menggeneralinasikan kebenaran tersebut pada suatu peristiwa atau data tertentu yang berciri sama dengan fenomena yang bersangkutan.
b.    Metode Induktif
Yaitu cara berfikir dengan meneliti persoalan-persoalan dengan berlandaskan pada fakta yang khusus kemudian ditarik menjadi pemecahan yang bersifat umum.

VIII.    SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI
Sistematika penulisan tugas akhir ini adalah merupakan gambaran umum dari urutan pembahasan guna lebih memudahkan pembaca dalam memahami isi pembahasan dalam tugas akhir ini penulis membuat sistematika yang tersusun sebagai berikut
a.    Bagian muka
b.    Bagian isi
c.       Bagian akhir
Adapun bagian-bagian tersebut dijabarkan sebagai berikut,
1.    Bagian muka berisi judul dan daftar isi
2.    Bagian kedua berupa isi tugas akhir yang memuat antara lain :
BAB I    :    Pendahuluan yang isinya merupakan pengantar menuju tugas akhir agar lebih mudah memahami maksud dan tujuan penulisan tugas akhir
BAB Pendahuluan ini meliputi latar belakang masalah,   rumusan permasalahan, tujuan penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan tugas akhir
BAB II     :    Sistem injeksi pada mobil diesel  Mitsubishi kuda GLX 2000
BAB III    :    Metode perawatan  mobil Mitsubishi kuda GLX 2000 di PT.SSSWI
BAB IV    :    Berisi tentang analisis Sistem injeksi dan troubeel shoting pada mobil diesel
BAB V    :    Penutup, terdiri dari: Kesimpulan, saran-saran dan penutup.

3.    Bagian akhir ini terdiri dari Daftar pustaka, lampiran-lampiran serta daftar riwayat hidup penulis.
DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Ali,    -    Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Pustaka Amini, Jakarta
Tim Fakultas Teknik,    -    Pedoman Penulisan Karya Tulis Fakultas Teknik UNSIQ. Wonosobo. 2009
Daryanto,Drs                                      -    Motor Diesel Pada Mobil, Cv. Y RAMA                  WIDYA Bandung 2004
Daryanto,Drs                  -  Dasar  -Dasar Teknik Mobil Bumi Aksara
Danu Permana,                            -  Merawat dan Memperbaiki Mobil Diesel      Puspa Awara  Jakarta 2000

DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS

Nama    :    AGUS MUNAJAT     
NIM    :    9007051     
Tempat Tanggal Lahir    :    Wonosobo, 24 December 1981     
Jenis Kelamin    :    Laki-laki     
Alamat    :    Talunombo, RT 02 RW 03 Sapuran, Wonosobo     
Pendidikan    :    1.    MI Ma'arif Talunombo Sapuran, lulus tahun 1995
2.    SLTP NEGERI Sapuran, Wonosobo, lulus tahun 1998
3.    SMA Takhasus Al Qur'an Kalibeber, Wonosobo, lulus tahun 2001
Semester V Falkultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ ) Jawa Tengah di Wonosobo.    

Wonosobo. 20 Januari 2010
Penulis


AGUS MUNAJAT
NIM. 9007051

DAFTAR ISI TUGAS AKHIR

HALAMAN SAMPUL (JUDUL)
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGAJUAN TUGAS AKHIR
HALAMAN  PENGESAHAN
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN
HALAMAN KATA PENGANTAR
HALAMAN DAFTAR ISI

BAB I    PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.    Penegasan Istilah
C.    Rumusan Masalah
D.    Tujuan Penelitian
E.    Metode Penelitian
F.    Sistematika Penulisan Tugas Akhir

BAB II    LANDASAN TEORI
BAB III    METODOLOGI
BAB IV    PEMBAHASAN
BAB V    PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.    Saran-saran
C.    Kata penutup

DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN









Tidak ada komentar:

Posting Komentar