Kamis, 11 Maret 2010

bab IV PEMBAHASAN

BAB IV
PEMBAHASAN
4.1 Menyediakan sistem injeksi   Mobil Mitsubishi kuda Diesel GLX 2000.
Komponen sistem injeksi bahan bakar diesel yaitu a.pompa injeksi,b.pompa bahan bakar / pompa pengisi (feed pump),c. nozzle d. pneumatic governor e.automatic timer.
Sistem injeksi mobil  yang digunakan dalam kerja praktek ini adalah Mobil Mitsubishi kuda Diesel GLX 2000. Berikut ini data-data tentang spesifikasi Mobil Mitsubishi kuda Diesel GLX 2000:
Descreption
Ket
Engine
Type
No.of cylinder
Engine Displacement cc
4G15-12 Valve SOHC4,in-line
1.468

Fuel
Fuel system
Fuel Type
Fuel tank capacity
MPI
Gasoline
46.5 liter

Transmision
Clutch Type
Transmision type
Singgle Dry Plate
5-speed manual

Chasis
Chasis Type
Sreering
Brake Type
Suspension type
Chasis frame
Rack and pinion
Ventylated disc
Mack Pherson strut








Gb.4.1  Mobil Mitsubishi kuda Diesel GLX 2000
4.2           Menyediakan Alat-alat yang akan digunakan
1.    Kunci Pas
Kunci pas digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut atau mur yang tidak membutuhkan momen pengencangan tinggi.



Gambar 4.2  Kunci Pas
2.    Kunci Ring
Kunci ring (box end wrench) digunakan untuk membuka dan mengencangkan mur dan baut.




Gambar.4.3  kunci Ring

3.    Obeng
    Obeng digunakan untuk Digunakan untuk memasang dan melepas screw.




Gambar. 4.4  Obeng
4.  Tang
Tang digunakan untuk melepas dan memasang pen pengunci



    Gambar.4.5  Tang
5.Nosel tester
   Digunakan untuk mengetes ketepatan penyemprotan bahan bakar solar.




Gambar.4.6 nosel tester

6        Kompresor
Kompresor adalah suatu alat untuk menyimpan angin dan digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran, debu, mengisi angin dan lain-lain.




4.3     Memeriksa Pompa Bahan Bakar / Pompa pengisi (feed pump) Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
             Bahan bakar yang dihisap oleh Pompa Bahan bakar (feed pump) dari tangki akan diteruskan ke serambi inlet pompa injeksi melalui saringan. Pompa pengisi (feed pump) merupakan single acting pump  terletak di bagian rumah pompa injeksi. Pompa pengisi (feed pump) digerakkan oleh camshaft dari pompa injeksi. 
                Tujuan pemeriksaan pada feed pump yaitu untuk mengetahui tersendat tidaknya aliran bahan bakar pemeriksaan saluran bahan bakar dan dari kemungkinan bocor, dan untuk mengurangi atau menambah jumlah injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar.
Peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17,obeng min ples kunci shock 12,13 dan kompresor.
Alur pembongkarannya sebagai berikut :






Cara pemeriksaan pompa pengisi (feed pump) yaitu Periksalah pompa pengisi (feed pump). Longgarkan fitting terhadap rumah pompa, jalankan pompa priming. Bahan bakar harus mengalir dalam jumlah berlebihan melalui selang. Periksalah apakah control rack bergerak dengan halus. Bukalah tutup control rack, kemudian doronglah control rack ke dalam rumah pompa dan lepaskan. Control rack harus kembali dengan lembut. Periksalah ruangan elemen pompa dari kemungkinan berkarat atau cacat. Periksalah viskositas dan banyaknya minyak pelumas.
Pengetesan yang perlu dilakukan apbila ada gangguan yang terjadi pada feed pump, yaitu pengetesan kebocoran dan pengetesan kerja pengisapan. Cara pengetesan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Pengetesan kebocoran
Saluran keluar pompa pengisi (feed pump) disumbat dan saluran masuk disambung dengan selang dari kompresor.Saluran masuk pompa pengisi (feed pump) diberi tekanan kompresor sebesar 2 kg/cm2 (28,45 psi). Kemudian feed pump dimasukkan ke dalam bejana yang berisi solar. Kondisi feedpump dikatakan baik bila tidak ada udara yang keluar di sekitar lubang tapet.







Gambar .Memeriksa kebocoran feed pump
b. Pengetesan kerja pengisapan
Saluran pompa pengisi (feed pump) dihubungkan dengan selang yang memiliki diameter 8 – 10 mm dan panjang 2 m.Ujung yang lain dari selang dimasukkan ke dalam oli ringan yang terletak 1 meter di bawah pompa pengisi (feed pump).
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam pengetesan ini yaitu :
1. Gerakkan pompa priming ke atas dan ke bawah pada 60 – 100 langkah per menit. Pada saat tersebut bahan bakar harus terpompa dalam 30 langkah.
2. Jalankan pompa pengisi dengan jalan memutar camshaft pompa pada 150 rpm. Pada saat tersebut bahan bakar harus terpompa dalam 40 detik.




Gambar 18. Pengetesan pada feed pump

Hasil Pengetesan yang telah dilakukan akan dapat diketahui kondisi dari feed pump. Bila hasil pengetesan menunjukkan ada gangguan pada feed pump, maka feed pump perlu dibongkar.

4.4   Memeriksa Pompa injeksi Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000

Pompa injeksi yang digunakan mesin diesel Mobil Mitsubishi kuda Diesel GLX 2000 adalah pompa injeksi tipe inline dimana injection pump memiliki sebuah plunger dan sebuah delivery valve pada tiap-tiap selinder.Injection pump mendorong bahan bakar masuk ke dalam injection nozzle dengan tekanan dan dilengkapi dengan sebuah mekanisme untuk menambah atau mengurangi jumlah bahan bakar yang dikeluarkan dari nozzle.
Pemegang katup penyalur
Pegas katup
Katup penyalur
plunyer
Pinion pengontrol
Control rack
Pegas plunyer
Tappet
Poros nok
Felt plate plug
                          
Gambar 8. ElemenPompa injeksi

Tujuan pemeriksaan pompa injeksi yaitu pemeriksaan elemen pompa dari kemungkinan berkarat atau cacat, pemeriksaan dari kemungkinan adanya penyumbatan dan pemeriksaan viskositas dan banyaknya minyak pelumas dalam tangki bahan bakar.








Gambar. Penampang pompa injeksi

Peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan pompa injeksi yaitu kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17,obeng min ples kunci shock 12,13 dan tang.
Alur pembongkaran pompa injeksi :








Cara pemeriksaan pompa injeksi yaitu a.Kendorkan sekerup pembuangan  udara,gerakan batang pompa pengisi ke atas dan ke bawah  dengan  tangan,bila batang pompa tidak dapat digerakkan dengan tangan,berarti saluran BBM tersumbat.Bila batang pompa dapat digerakkan,tetapi BBM tidak mengalir keluar dari lubang sekrup pembuangan udara,maka pompa injeksi rusak.Bila batang pompa dapat digerakkan dan BBM mengalir keluar ,maka saluran  BBM dan pompa injeksi dalam keadaan baik..Bila saluran bahan bakar dan pompa injeksi masih baik,kemungkinan gangguan  pasokan BBM disebabkan oleh udara atau air yang terjebak dalam saluran BBM.
Standar pemeriksaan pompa injeksi yaitu 1,8 -2,2 kg/cm atau ( 25-31 psi,177-216 kpa ). Dari Hasil pemeriksaan ini dapat dilihat dari adanya buih yang keluar dari lubang sekerup pembuang udara.maka supaya pompa injeksi dapat dipergunakan Udara atau air tersebut dapat dihilangkan dengan terus menggerakkan pompa sampai hilang.
Salah satu gangguan yang terjadi pada pompa injeksi adalah gerakan control rack yang tidak sempurna. Langkah control rack harus diperiksa untuk mengetahui kondisi rack masih baik atau tidak.Pemeriksaan langkah control rack yang harus dilakukan yaitu :
1. Lepaskan delivery valve spring dan stopper dari delivery valve holder.
2. Berilah oli pada injection pump dan keluarkanlah semua angin dalam fuel system (air bleeding).
3. Tekan control rack ke arah governor dengan penuh, kemudian lepaskan. Rack dalam keadaan baik jika dapat kembali dengan baik dan lancar.









Gambar. Melepas delivery valve spring dan stopper

Kesimpulan Bahan bakar yang disalurkan ke pompa injeksi,dialirkan terus ke pipa tekanan tinggi oleh elemen pompa ,Bahan bakar terkompresikan dengan tekanan tinggi oleh plunger mendorong delivery valve ke atas dan bahan bakar menyembur keluar.



4.5. Memeriksa Nozzle Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000

Secara garis besar nozzle dapat dibagi atas model lubang dan model pin. Model nozzle sangat menentukan bagi proses pembakaran dan bentuk ruang bakar. Jenis lubang umumnya digunakan untuk mesin semprotan langsung, sedangkan model pin umumnya digunakan untuk mesin yang mempunyai ruang bakar muka dan ruang bakar model pusar. Untuk mesin diesel Mitsubishi kuda GLX 2000 menggunakan nozzle jenis lubang (nozzle hole).





Gambar 14. Nozzle
Tujuan pemeriksaan nosel yaitu untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang disemprotkan dan mengatur tekanan penyemprotan.
Peralatan yang digunakan untuk pemeriksaan yaitu kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17dan nosel tester.
Alur prmbongkaran nosel sebagai berikut :







Cara memeriksaan nosel yaitu Periksalah pipa penghubung antara pompa injector dan nosel, Periksa nosel, Jika tersumbat atau kotor,bersihkan.Untuk mengetahui nosel bekerja dengan baik atau tidak,diperlukan alat khusus yaitu nosel tester.Oleh karena itu,pemeriksaan tidak dapat dilakukan sendiri ( harus dibengkel khusus ).barangkali ada kebocoran,kencangkan jika ada baut yang longgar. periksa sambungan-sambungan antara governor dan pompa, Periksalah penyemprotan nozzle. Kendorkan fitting antara pemegang katup delivery dan pipa tekanan tinggi dan kemudian setiap pemegang katup dari kemungkinan bocor. Jika bocor, katup pemberi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Nyalakan mesin kendorkan mur pengencang pipa bahan bakar pada salah satu nosel,biarkan BBM menetes dari mur.



Gambar nosel injector
Pengujian kebocoran nozzle adalah sebagai berikut Setelah nozzle terpasang pada nozzle tester, stel nozzle tester dengan tekanan yang telah ditentukan. Tekanan kemudian dinaikkan secara perlahan – lahan sampai mencapai tekanan pengujian. Setelah mencapai tekanan pengujian, periksa kebocoran bahan bakar pada ujung nozzle. Bila tidak ada kebocoran berarti nozzle dalam kondisi baik, akan tetapi kalau ada kebocoran berarti perlu diganti komponen di dalam nozzle yang mengalami kerusakan.







Gambar 21. Pengetesan kebocoran nozzle



Standar pemeriksaan nosel Proses pemeriksaan yang harus dilakukan dari masing-masing baigan dalam injection nozzle yaitu :
1.Pemeriksaan needle valve








Gambar 19. Memeriksa needle valve

Apabila terjadi gangguan pada needle valve, harus dilakukan beberapa langkah pemeriksaan, yaitu :
a. Bersihkan dan rendam nozzle dengan bensin.
b. Geser needle untuk memastikan bahwa pergerakannya cukup halus.
c. Tarik vertikal ke atas needle valve sekitar 1/3 langkahnya dan apakah valve tersebut terjatuh akibat beratnya sendiri.
d. Bila tidak kembali, maka injection nozzle harus diganti.
Hal – hal yang harus diperhatikan sebelum menguji nozzle adalah :
a. Pada saat menguji nozzle, janganlah mengarahkan pengabutan bahan bakar ke arah orang yang sedang memeriksa atau melihat proses penyetelan, akan tetapi nozzle diarahkan ke bawah.
b. Saat terjadi pengabutan bahan bakar pada nozzle, jangan menahan lubang nozzle dengan jari tangan karena tekanan pengabutan sangat kuat.
Sebelum mengadakan pengujian dan penyetelan injection pressure, nozzle dipasang pada nozzle tester dan dioperasikan beberapa kali untuk mengeluarkan udara yang ada dalam nozzle tester tersebut. Langkah selanjutnya yaitu :
a. Operasikan nozzle tester dengan kecepatan yang telah ditentukan untuk mencapai standar injection pressure (180 kgf/cm2).
b. Jika injection pressure belum memenuhi standar yang dibutuhkan, maka perlu menambahkan atau mengurangi shim dalam nozzle. Perubahan ketebalan shim 0,05 mm, akan merubah injection pressure 5 kgf/cm2. Setelah memasang shim pada nozzle, periksa kembali injection pressure pada nozzle tersebut hingga mencapai angka yang dibutuhkan.



Gambar Nosel Tester dan bentuk pengkabutan.
Kesimpulan Kondisi nosel yang baik menjamin perkabutan BBM . bentuk-bentuk pengkabutan.Nosel yang rusak tidak dapat menghasilkan pengkabutan BBM  yang baik.BBM yang keluar dari perkabutan berbentuk bintik-bintik yang relative besar dan tetesan pada ujung nosel. Bila penyemprotan /injeksi tidak dapat bekerja dengan baik,maka perkabutan dan pembakaran yang terjadi tidak sempurna.
4.6   Memeriksa  Pneumatic Governor Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000

Menurut mekanismenya,governor dapat dibagi dua yaitu jenis pneumatic dan jenis centrifugal dan menurut fungsinya dapat dibedakan antara jenis kecepatan tertentu dan jenis semua kecepatan. diatur menurut posisi control rack yang diatur oleh governor.Seperti ditunjukkan pada gambar, governor terdiri dari dua ruangan yang dibatasi oleh diafragma, ruang A dihubungkan oleh selang ke venturi yang menghadap ke saringan udara dan ruangan B dihubungkan ke intake manifold atau ke venturi tambahan.







Gambar 13. Penampang governor
Tujuan pemeriksaan Pneumatic Governor yaitu untuk mengetahui pemberian Jumlah bahan bakar yang disemprotkan sesuai dengan beban mesin.Alat penyetelan engine idling pada governor dengan menggunakan angle scale.
Alur pembongkaran Pneumatic Governor sebagai berikut :






Cara pemeriksaan Pneumatic Governor yaitu Periksa pipa Vakum bila sambungan terlepas atau ada kebocoran  udara dalam pipa mengakibatkan putaran mesin tinggi.Pasang sambungan jika terlepas,ganti pipa jika pecah ( berlubang ).


Gambar pipa vakum pada Governor
Salah satu gangguan yang terjadi pada governor adalah flyweight tidak berfungsi secara efektif. Antara flyweight dan camshaft harus memiliki clearance. Pemeriksaan yang harus dilakukan yaitu dengan membongkar flyweight terlebih dahulu. Langkah pemeriksaan Hasil Kesimpulan

4.7    Memeriksa Automatic Timer Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000
Injection timming berubah-ubah secara otomatis sesuai dengan kecepatan putaran engine. Automatic timer dipasangkan dengan kuat pada injectioan pump camshaft dengan round nut sebagai pengikatnya,dan digerakkan oleh idler gear yang dihubungkan dengan injection pump gear.





Gambar 12. Automatic timer
Tujuan pemeriksaan Automatic Timer yaitu mengetahui gerakkan camshaft pada arah putaran untuk merubah injection timming dan untuk mengurangi atau menambah jumlah injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar.
Alat yang digunakan untuk pemeriksaan Automatic Timer yaitu yaitu kunci pas atau ring 8,9,12,13,16,17.
Alur prmbongkaran Automatic Timer  sebagai berikut :











Gambar 28. Penyetelan advance angle pada automatic timer

Kesimpulan injection pump gear pin tidak dapat bergerak sebab berpasangan dengan gear, dengan demikian timer hub pin akan terdorong pada arah putaran selama terdorong oleh timer spring yang menggerakkan camshaft pada arah putaran untuk merubah injection
timming.












4.8 Kerusakan atau trouble shooting pada system injeksi mobil Mitsubishi kuda

NO
GEJALA
KERUSAKAN
SOLUSI
STANDAR
1
engine tak dapat
dihidupkan
Nozzle bocor
Perbaiki atau ganti
menambah atau mengurangi shim (0,1 – 0,4 mm)
2
Engine exhaust berasap dan knocking
Gangguan pada injection pump
Setel

3
Engine tidak mencapai putaran maksimum
Gangguan pada governor
Setel governor spring
dengan mengencangkan
adjusting nut.

4
Engine idling tidak stabil
Gangguan pada injection pump
Perbaiki atau ganti





















BAB V
PENUTUP
A.      KESIMPULAN

Berdasarkan uraian tentang analisa gangguan sistem injeksi bahan bakar 
diesel
yang telah dijelaskan di depan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : Secara keseluruhan gangguan – gangguan yang terjadi adalah engine yang tidak dapat dihidupkan, engine dapat hidup kemudian mati, engine knock, engine exhaust berasap, engine output yang tidak stabil atau terlalu kecil, engine tidak dapat mencapi putaran maksimum, putaran maksimum terlalu tinggi, dan engine idling tidak stabil. 

B.       SARAN

1. Kepada masyarakat pengguna kendaraan Mobil Mitsubishi Kuda GLX 2000 diajurkan untuk melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan khususnya pada bagian sistem injeksi guna menjamin keamanan dalam berkendara anda.
2. Perawatan berkala akan mengurangi kemungkinan terjadinya gangguan-gangguan pada sistem injeksi bahan bakar diesel tersebut. 
3.Pengecekan awal yang sudah dijelaskan pada bagian trouble shooting harus dilakukan ketika terjadi gangguan pada sistem injeksi bahan bakar untuk memudahkan proses perbaikan.